Program Educational Objectives:
two-three years after graduation the graduates are expected to attain these below in their earlier career;
- Graduates are expected to attain professionalism and leadership role within industrial organization or other related organization (Lulusan diharapkan memiliki profesionalisme dan peran kepemimpinan dalam organisasi industri atau organisasi lainnya yang relevan.)
- Graduates are expected to attain role as the source for efficient and value added solutions to increase the benefit of the organization (Lulusan diharapkan memiliki peran sebagai sumber solusi yang efisien dan bernilai tambah untuk meningkatkan manfaat organisasi)
- Graduates are expected to have applied integrated system improvement techniques to achieve global competitive advantages (Lulusan diharapkan telah menerapkan teknik-teknik perbaikan sistem terintegrasi untuk meraih keunggulan bersaing secara global)
The Industrial Engineering Program expects the student to have 8 student outcomes (SO) on its graduation.
(Program Studi Teknik Industri mengharapkan mahasiswa memiliki 8 capaian pembelajaran (CP) pada saat kelulusannya)
- An ability to identify, formulate and solve complex engineering problems by applying principles of engineering, science, and mathematics (Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan keteknikan yang kompleks dengan menerapkan prinsip-prinsip keteknikan, sains dan matematik) (ABET-1, IABEE-a,d, KKNI-KU(a), BKSTI-1,5,6,9)
- An ability to apply engineering design to produce solutions that meet specified needs with considerations of public health, safety, and welfare, as well as global, cultural, social, environmental, and economic factors (Kemampuan untuk menerapkan rancangan keteknikan untuk menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan yang telah ditentukan dengan pertimbangan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan umum dengan juga mempertimbangkan faktor global, budaya, sosial, lingkungan dan ekonomis) (ABET-2, IABEE-b, KKNI-S(c,d,f), KKNI-KU(a,c,d,e), BKSTI-2,7,8,10)
- An ability to communicate effectively with a range of audiences (Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan sekelompok hadirin/pendengar) (ABET-3, IABEE-f, KKNI-KU(b,d,f,i), BKSTI-3,11)
- An ability to recognize ethical and professional responsibilities in engineering situations and make informed judgements, which must consider the impact of engineering solutions in global, economic, environmental, and societal contexts (Kemampuan untuk mengetahui tanggung jawab secara profesional dan etis dalam situasi keteknikan dan membuat penilaian berdasarkan informasi yang diperoleh yang harus mempertimbangkan dampak solusi keteknikan dalam konteks global, ekonomis, lingkungan dan sosial) (ABET-4, IABEE-i, KKNI-S(a,b,d,e,f,g,h,i), KKNI-KU(c,e), BKSTI-4,12)
- An ability to function effectively on a team whose members together provide leadership, create a collaborative and inclusive environment, establish goals, plan tasks, and meet objectives (Kemampuan untuk berfungsi dalam suatu tim yang anggotanya bersama-sama memberikan kepemimpinan, menciptakan lingkungan kerjasama, menetapkan tujuan, merencanakan tugas-tugas dan memenuhi tujuan) (ABET-5, IABEE-g,h, KKNI-S(b,c,e,i), KKNI-KU(b,f,g,h,i), BKSTI-14)
- An ability to develop and conduct appropriate experimentation, analyze and interpret data, and use engineering judgement to draw conclusions (Kemampuan untuk mengembangkan dan mengadakan eksperimen yang tepat, menganalisa dan menyajikan data, dan menggunakan keputusan keteknikan untuk menarik kesimpulan) (ABET-6, IABEE-c, KKNI-KU(e,i), BKSTI-6)
- An ability to acquire and apply new knowledge as needed, using approriate learning strategies (Kemampuan untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan baru yang dibutuhkan mengggunakan cara belajar yang tepat) (ABET-7, IABEE-e,j, KKNI-KU(d,h), BKSTI-4,13)
- An ability to apply basic entrepreneurship skills (Kemampuan untuk menerapkan keterampilan dasar kewirausahaan) (KKNI-S(j))
Keterangan: Student Outcome (SO)/Capaian Pembelajaran (CP) yang memenuhi kriteria Disiplin yang ditetapkan oleh IABEE adalah CP-1, CP-2, CP-4, CP-6, CP-7.
Catatan:
1. List of ABET Student Outcomes:
ABET-1 an ability to identify, formulate and solve complex engineering problems by applying principles of engineering, science and mathematics
ABET-2 an ability to apply engineering design to produce solution that meet spesified needs with consideration of public health, safety and welfare, as well as global, cultural, social, environmental, and economic factors
ABET-3 an ability to communicate effectively with a range of audiences
ABET-4 an ability to recognize ethical and professional responsibilities in engineering situations and informed judgements, which must consider the impact of engineering solutions in global, economic, environmental, and societal contexts
ABET-5 an ability to function effectively on a team whose members together provide leadership, create a collaborative and inclusive environment, establish goals, plan tasks and meet objectives
ABET-6 an ability to develop and conduct appropriate experimentation, analyze and interpret data and use engineering judgement to draw conclusions
ABET-7 an ability to acquire and apply new knowledge as needed, using appropriate learning strategies.
2. Daftar Capaian Pembelajaran IABEE:
IABEE-a Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
IABEE-b Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
IABEE-c Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian .
IABEE-d Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan .
IABEE-e Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
IABEE-f Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan
IABEE-g Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada.
IABEE-h Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
IABEE-i Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan .
IABEE-j Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.
3. Capaian Pembelajaran Asosiasi Profesi (BKSTI-Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia, 2019)
BKSTI-1 Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi
BKSTI-2 Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem
BKSTI-3 Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini
BKSTI-4 Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum
BKSTI-5 Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada system terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi)
BKSTI-6 Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental
BKSTI-7 Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration)
BKSTI-8 Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural
BKSTI-9 Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi
BKSTI-10 Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa
BKSTI-11 Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif
BKSTI-12 Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etikal keprofesian
BKSTI-13 Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup
BKSTI-14 Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja
4. Daftar Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) KKNI-Dikti (Lampiran Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015):
Rumusan Sikap (S);
(a). Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
(b). Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
(c). Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
(d). Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
(e). Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
(f). Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
(g). Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
(i). Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
(j). Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Rumusan Keterampilan Umum (KU);
(a). Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
(b). Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
(c). Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
(d). Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
(e). Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
(f). Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
(g). Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan sepervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
(i). Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi